Walkthrough Final Fantasy I Bahasa Indonesia (PS1, PSP dan GBA)

walkthrough bahasa indonesia final fantasy I
Di awal permainan, kalian akan memilih job untuk keempat karakter dan nama untuk mereka. Ada 6 job yang dapat kalian pilih yaitu: Warrior, Monk, Thief, White Mage, Black Mage dan Red Mage. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan..
Notes untuk kalian: Save-lah datamu sesering mungkin karena kalian tidak bisa melakukannya di tengah dungeon (hanya di open world dan ketika masuk desa/kota saja). Cara quick save di PS1 adalah dengan menekan R2.

Kalian akan memulai game di luar kota Cornelia. Masuk ke Cornelia Castle, naik ke lantai 2 lalu bicara dengan King Cornelia. Ia akan meminta bantuan untuk menyelamatkan Princess Sarah yang diculik oleh Garland.
Masuki kota Cornelia dan beli equipment. Jangan lupa juga membeli magic untuk White/Blacl/Red Mage. Jika kekurangan uang, keluar dari kota lalu lawan monster untuk mengumpulkan uang, naikkan level kalian paling tidak sampai level 3.
Note: Kalian hanya bisa save secara normal di Inn. Untuk melakukan save di World Map, gunakan item Sleeping Bag, Tent atau Cottage.
Jika persiapan kalian telah matang, pergi ke Temple of Chaos di utara, masuk ke dalam dan ambil Leather Cap, Potion dan Tent di ruang kiri atas dan kiri bawah. 2 ruuang lain di kanan atas dan kiri atas dikunci dengan Mystic Key, jadi tinggalkan saja dulu. Pergi ke ruangan di tengah, temui dan lawan Boss pertama, Garland (HP: 106). Serang dengan serangan fisik dan magic, ia akan kalah dengan cepat. 
Setelah bicara dengan Princess Sarah, secara otomatis kalian akan kembali ke Cornelia Castle. King Cornelia akan membangun jembatan di utara.

Kembali bicara dengan Princess Sarah dan ia akan memberikan Key Item Lute padamu. Tinggalkan tempat ini dan pergi ke jembatan di utara yang sudah dibangun oleh King Cornelia, maka akan ada intro awal. Jika kalian pergi ke tanjung utara, kalian akan menemukan Matoya's Cave. Ambil 2 Potion dan Antidote yang ada, lalu bicara dengan Matoya. Ia sedih karena kehilangan Crystal Eye-nya.
Jika kalian bicara dengan makhluk di sini, mereka akan memberimu pesan: "Ripper over, flip flip! Elcric Dna Trats!"
Balik kata terakhirnya dan kalian membacanya Start And Circle. Itu adalah petunjuk untuk membuka World Map (peta).

Keluar dari sini dan pergi ke kota Pravoca di timur, kota ini tengah dikuasai oleh bajak laut. Bicara dengan pemimpin Bajak Laut, Bikke yang berada di kiri atas, dan lawan 9 Pirates (HP: 6). Lawan saja dengan serangan fisik, mereka akan kalah dengan mudah. Setelah itu Bikke akan memberikan kapalnya ke kalian. Kalian bisa menggunakannya tetapi ingat! Kapal hanya bisa merapat di dermaga.
Note: Saat berada di kapal, kalian bisa memainkan mini game. Tahan tombol X dan tekan lingkaran 50 kali untuk memulai mini game ini. Akan muncul mini game semacam jigsaw yang mana kalian harus menyusun angka 1 hingga 15. Jika kalian memecahkan rekor, kalian berhak mendapatkan uang dan item. Seringlah memainkannya untuk mendapatkan uang dengan cepat.

Naiki kapal tersebut dan berlayarlah ke Elfheim, kota para ras Elf yang ada di benua selatan Cornelia. Di kota ini kalian akan mendengar bahwa Pangeran negeri ini sedang terkena kutukan Dark Elves dan menyebabkan ia tertidur. Upgrade equipment dan Magic disini. Disarankan juga untuk memiliki Antidote agak banyak. Dan coba kalian periksa makam paling kiri, kalian akan menemukan nama Link, elf yang terkenal dari platform sebelah..

Kini ada 2 tempat yang bisa kalian kunjungi, Western Keep ada di barat laut, disini kalian akan bertemu seorang raja yang sedang mencari mahkotanya. Tetapi tujuan utama kalian adalah Marsh Cave yang terletak di rawa-rawa di barat daya benua ini. Disana akan ada banyak musuh yang menyebabkan status poison, makanya Antidote sangat dibutuhkan disini.

Di Marsh Cave, ambil jalan ke kiri atas dan turun ke B2, ambil Dagger dan 620 Gil. Kembali ke B1, kali ini ambil jalan ke bawah, masuk ke sebuah ruangan dan turun ke B2 lewat tangga tersebut. di B2, ambil Broad Sword dan 600 Gil. Masuk pintu di kanan bawah, keluar dan turun ke B3. Disini ambil Steel Plate, 295 Gil, Cottage, Copper Armlet dan 385 Gil.
Di sebuah ruangan, akan ada Piscodemon (HP: 84) yang akan melawanmu. Monster ini kebal dengan magic Fire, Ice dan juga berbagai status, jadi cukup serang dengan serangan fisik saja. Setelah mengalahkannya, ambil Crown di peti.
Sisa ruangan lain di sisi bawah terkunci dengan Mystic Key, jadi tinggalkanlah saja dulu, lalu keluar dari dungeon ini.

Kembali ke Western Keep yang berada di utara. Jika kalian tak ingin bersusah payah melewati Elfheim, gunakan saja item Cottage di luar Western Keep. Kalian juga bisa memulihkan HP/MP kalian dengan melakukan save. Setelah itu temui Raja, ternyata ia adalah jelmaan dari King of Dark Elves, bernama Aston (HP: 168). Kalian harus berhati-hati karena dia menguasai magic Reaper yang bisa membunuh karaktermu dengan 1 HIT KILL! Serang dengan serangan fisik dan magic Bolt/Ice. Setelah Aston kalah, kalian akan mendapatkan Crystal Eye.

Kembali ke Matoya's Cave dan kembalikan Crystal Eye-nya ke Matoya. Dia akan memberimu Jolt Tonic sebagai balasannya. Kembali ke Elven Castle dan bicaralah dengan pembantu Prince Elf untuk membangunkannya dengan ramuan Jolt Tonic tersebut. Prince Elf akan sadar, dan sebagai ucapan terima kasih ia akan memberimu Mystic Key.
Dan sekarang kalian bisa membuka pintu-pintu yang terkunci sebelumnya. Dan inilah lokasi pintu-pintu yang dibuka menggunakan Mystic Key:
  • Elven Castle: Mythril Hammer, 400 Gil, 330 Gil, Bronze Gloves
  • Cornelia Castle: Crosier, Saber, Mythril Knife, Steel Plate, Iron Shield, Nitro Powder (!)
  • Temple of Chaos: Rune Blade, Werebane, Gold Needle
  • Western Keep: Falchion, Power Staff, Steel Gloves
  • Marsh Cave: Silver Armlet, Mythril Knife, 1020 Gil
Pergi ke Mt. Duerger di barat laut, di tempat ini adalah kawasan para Dwarf. Disini ambil 575 Gil, 450 Gil, Tent, Grand Helm, Wyrm Killer, Mythril Knife, Helmet, Mythril Mail, 575 Gil dan Cottage.
Smithy disini akan membuatkanmu pedang jika membawakan logam langka Adamantite. Temui Granpa Nelic, Dwarf yang berada di sisi selatan gua ini dan berikan Nitro Powder padanya. Dia akan menggunakannya untuk membuat kanal. Kembali, naiki kapalmu dan lewatilah kanal itu.

Pergi ke kota Melmond dan kalian akan mendengar kabar tentang vampire yang mengganggu aliran energi bumi. Upgrade equipment dan magic kalian, lalu pergi ke Terra Cavern yang berada di selatan.

Masuk dan ketika berada di B1, ambil 1975 Gil, Potion, 880 Gil, 795 Gil, dan Antidote. Setelah itu turun ke B2 lewat tangga di kanan. Di B2 ambil 575 Gil, Leather Shield dan 5000 Gil di ruangan yang dihuni monster Gnoma. Untuk mengalahkannya, gunakan magic Fire. Di ruangan lain kalian bisa mengambil Coral Sword, Tent dan 330 Gil. Turun ke B3, ambil Sleeping Bag, 3400 Gil, 1020 Gil, dan Potion. Bicara dengan kelelawar di sebuah ruangan, dan ia akan berubah menjadi Vampire (HP: 158). Serang ia dengan serangan fisik, magic Fire dan DiaSpell. Setelah menang, ambil key item Star Ruby di peti yang ada.

Jalan selanjutnya akan terhalang oleh Stone Plate, jadi kembalilah ke Melmond untuk memulihkan HP/MP mu dulu lalu pergi ke Titan Cave di barat. Berikan Star Ruby pada Titan yang menghalangin jalan, ia akan pergi dan kalian pun bisa lewat. Ambil Mythril Helm, 450 Gil, 620 Gil, dan Great Axe. Keluarlah lewat tangga yang berada di kiri atas, kalian akan tiba di World Map.
Lanjutkan ke Sage's Cave di selatan, lalu bicara dengan Sage Sadda. Dia akan memberitahumu bahwa ada makhluk lain yang menjadi atasan Vampire yang sebelumnya kalian kalahkan. Dan makhluk tersebutlah yang harusnya bertanggung jawab atas terganggunya aliran energi bumi. Dia akan memberikan key item Earth Rod.

Kembali ke Terra Cavern lalu pergi ke tempat yang terhalang oleh Stone Plate. Gunakan Earth Rod untuk menghancurkannya lalu turun ke B4. Amil Staff, 3400 Gil, 1450 Gil, 1520 Gil, 5450 Gil, Tent, Mythril Shielad dan 1250 Gil.
Turun ke B5, di sebuah ruangan kalian akan berhadapan dengan bos Lich (HP: 800). Serang dengan magic Fire, dan DiaSpell, kalian juga bisa gunakan Magic Steel dan Haste untuk meningkatkan serangan fisik warrior.
Setelah mengalahkannya, Earth Crystal akan kembali bercahaya. Gunakan teleporter untuk keluar dari sini.

Kembali ke kapal, lalu berlayarlah ke selatan lalu ke barat dan merapatlah ke dermaga. Verjalanlah untuk mencapai Crescent Lake, kota yang berada di tengah danau. Toko disini menjual equipment dari Mythril dan magic level 6, upgrade lah semampu kalian. Kemudian temui Twelve Sage, mereka akan menceritakan tentang kristal dan Four Fiendof Chaos. Salah satu Sage akan memberikan Canoe. Gunakan itu untuk melewati sungai menuju Mt.Gulg yang berada di utara. 

Di wilayah ini kalian akan dihadang oleh area yang penuh lahar dan akan mengurangi HP di setiap langkah si karakter, tetapi kalian tidak akan dapat musuh random. Turun ke B2 lewat tangga kiri atas, lalu ambil Mythril Helm, 4150 Gil, 1520 Gil, Mythril Helm, Potion, Tent, Mythril Gloves, 1520 Gil, 19750 Gil, 1455 Gil, Antidote, 1760 Gil, Mythril Shield, Mythril Axe, Potion, 795 Gil, 750 Gil, dan Claymore. Lewati lahar untuk mencapai tangga yang mengarah ke B3 di kanan bawah, jalan ke kanan melintasi lahar untuk menemukan tangga menuju B4, dan lewati lahar lagi untuk menemukan tangga menuju B3 di kanan bawah. Temukan tangga menuju B4 di kiri bawah. Di daerah B4 ambil Gold Needle, 2750 Gil, 1760 Gil, 10 Gil, 155 Gil, Cottage, 2000 Gil, Ice Brand, Staff, 1250 Gil, Antidote, 7340 Gil, 880 Gil dan Flame Shield.

Turun ke B5 lewat tangga di selatan. Di ruangan sebelah kiri, lawan Red Dragon untuk mengambil Flame Mail. Lalu pergi ke ruangan di kiri bawah, temui dan lawan boss Marilith (HP: 1200, kelemahan paralyze). Gunakan magic Bind untuk menimbulkan status paralyze, lalu serang dengan serangan fisik warrior dan monk. Setelah mengaktifkan Fire Crystal, gunakan Teleporter untuk keluar dari dungeon ini. Kembali ke Crescent Lake, seorang pria yang tadinya tidur di dekat makam akan memberikan info tentang Levistone. Kembali ke kapal dan berlayarlah ke sebuah dermaga lain di utara dermaga pertama tadi.

Pergi ke sungai di barat daya dermaga dan telusuri untuk masuk ke Ice Cavern. Turun ke B2, lalu turun lagi ke B3 lewat tangga di kiri bawah, dan naiki tangga ke B2. Pergi ke sebuah ruangan, periksa lantai dan hindari lantai yang ada retakan (warnanya berbeda). Ambil Shirt dan Flame Sword, lalu jatuhkan diri lewat jebakan. Kalian akan tiba di ruangan kecil di B3. Lawan musuh yang ada di sana, lalu keluar dari situ.
Di area ini ada es yang akan mengurangi HP setiap langkah. Ambil Ice Armor dan Mythril Gloves di ruangan sebelah kiri, sebelumnya kalian harus melawan White Dragon. Kembali dan teruskan ke bawah. Di ruangan kiri bawah kalian bisa mengambil 7900 Gil, 9900 Gil, 5454 Gil, 5000 Gil, 180 Gil dan 12350 Gil.

Naik ke B1 lewat tangga di kanan bawa, ambil Potion dan 10000 Gil. Di ruangan yang panjang, hindari dulu jebakan di lantai dan ambil 9500 Gil, Sleeping Bag dan Ice Shield. Setelah mengambil semua item nya, jatuhkan diri lewat lubang jebakan 2 petak di depan peti berisi Ice Shield, kalian nantinya akan tiba di B2. Periksa kristal disana untuk mendapatkan key item Levistone. 
Jatuhkan diri untuk kembali ke B3 dan keluar dari sini. Kini, jika kalian bicara dengan dua Prophet di Elfheim, mereka akan menyuruhmu menggunakan Levistone itu dipadang pasir di dekat Crescent Lake. Pergi ke gurun di selatan Crescent Lake, lalu gunakan Levistone di sana untuk memunculkan Airship.
Note: Airship hanya bisa mendarat di padang rumput saja. Kalian tidak bisa mendaratkannya di hutan, rawa, air, maupun gurun.

Pergilahke Gaia, disini kalian bisa membeli magic level 7 dan 8, dan equipment baru. Disini juga kalian akan mendengar kabar tentang Oxyale yang hanya bisa dikumpulkan oleh Faerie, namun Faerie disini telah dijual kepada pedagang berkaravan.
Pergi ke Dragon Cave, tempat kediaman kaum naga. Area ini tersebar di sepanjang pulau-pulau di berjejer di selatan. Ambil Tent, 575 Gil, Gold Needle, 10 Gil, 50 Gil, Cottage, 160 Gil, 9500 Gil, 2750 Gil, 1520 Gil, 2750 Gil, 2000 Gil dan 1455 Gil. Di pulau kedua, kalian bisa menemui Bahamut, dia akan memintamu membuktikan diri di Citadel of Trial. Itu berada di timur Dragon Cave, untuk mencapainya kalian harus mendarat di tanjung utara Citadel of Trial-nya, lalu berjalan memutar untuk bisa sampai di Citadel of Trial. 
Bicara dengan seorang laki-laki disini, setelah ia menghilang, masuki ruangan di kiri atas lalu periksa kursi tahta untuk di teleport ke 2F. Gunakan teleporter-teleporter yang ada disini untuk melanjutkan perjalanan, hati-hati ya karena beberapa teleporter akan mengembalikanmu ke area sebelumnya.
Diruang kiri atas kalahkan Clay Golem sebelum mengambil Gauntlet. Jalan ke bawah dari ruangan tersebut, gunakan teleporter ketiga untuk mencapai ruang kanan bawah dan naik ke 3F. Ambil Healing Staff, Ruby Armlet, Ice Brand, Steel Gloves, Cottage, 1455 Gil dan 7340 Gil. Terakhir, ambil key item Rat Tail di kanan bawah, lalu periksa kursi tahta untuk kembali ke 1F.
Tinggalkan tempat ini dan temui Bahamut di Dragon Cave, ia akan meningkatkan kelas kalian. Kalian bisa membeli magis-magic untuk kelas baru kalian.

Tujuan berikutnya adalah Onlak, kota yang berada di barat laut peta. Kota ini dikelilingi oleh hutan lebat. Untuk mencapainya, kalian harus mendarat di padang rumput dekat gurun lalu berjalan kaki ke timur dan juga menyebrangi sungai.
Di Onlak kalian bisa membeli magic level 7. Seorang gadis disini akan meminjamkan kapal selam buatannya jika kalian memiliki Oxyale. 
Bicara dengan seorang gadis, dia akan memberitahu bahwanya ayahnya ikut karavan yang kini berada di dekat hutan di gurun. Lalu seorang pemuda bernama Koppe juga mengatakan bahwa ia melihat robot melayang jatuh di utara.
Kembali ke gurun dimana kalian mendaratkan Airship, lalu pergi ke gurun kecil di dekat hutan. Disana kalian akan menemukan karavan. Untuk kalian yang bingun dimana tempat karavan berada, bisa lihat dalam map yang ditunjuk dengan tanda panah.


Beli key item Bottled Faerie seharga 50000 Gil, lalu gunakan untuk membebaskan Faerie tadi. Kembali ke Gaia dan pergi ke mata air di kanan atas kota. Bicara dengan Faerie tadi, dan dia akan memberikan Oxyale padamu.
Kembali ke Onlak dan bicara dengan gadis di dermaga. Lalu gunakan Barrel untuk mencapai Sunken Shrine.
Disini ambil 9900 Gil dan 2000 Gil. Naik ke 4F lewat tangga di kanan atas, ambil Mage Staff, 1235 Gil, 20 Gil Light Axe dan Diamond Armor. Naik ke 5F lewat tangga kanan bawah, ambil 9000 Gil, 1760 Gil, Diamond Armlet, 2750 Gil, 4150 Gil, 10000 Gil, 10 Gil, Antidote, Diamond Shield, 5000 Gil, Diamond Helm, Diamond Gloves dan key item Rosetta Stone. Disini kalian juga bisa berbicara dengan para Mermaid.
Kembali ke 3F dan sekarang turun ke 2F lewat tangga di kiri atas, lalu naik ke 3F lewat tangga di kanan atas. Naik ke 4F, lalu turun ke 3F lewat tangga di pojok kanan bawah. Ambil 110 Gil dan 450 Gil di ruangan, lalu turun lagi ke 2F. Ambil 8135 Gil, 5450 Gil, 385 Gil, Giant's Gloves, Light Axe, 2750 Gil, 9900 Gil, Ribbon dan 7340 Gil. Lalu gunakan tangga di kanan atas untuk menemui boss Kraken (HP: 1600). Equipkan Ribbon pada petarung fisik untuk menangkal status Blind, dan gunakan magic Haste dan Shield pada karakter. Tingkatkan status dengan Steel, lalu serang dia dengan serangan fisik dan magic Bolt.

Setelah memulihkan Water Crystal, gunakan teleport untuk keluar dari sini. Pulihkan diri, lalu susuri sungai di dekat situ dengan Canoe, masuki air terjun untuk mencapai Waterfall Cavern. Pergi ke ruangan di kiri bawah, kalahkan monster yang ada di sini. Bicara dengan robot untuk mendapatkan key item Warp Cube, ambil juga Spellbinder, Ribbon, 13450 Gil, 6400 Gil, 5000 Gil dan Defender Sword. Keluar dari sini.

Temui Dr.Ume di Melmond, dia akan mengajari bahasa Lufenia. Untuk mencapai Luvenia, kalian harus mendarat di area sempit di utara hutan, lalu jalan kaki lintasi hutan itu menuju selatan. Di kota ini, seseorang akan memberi key item Bell. Kembali ke Airship dan mendaratlah di padang rumput di selatan gurun, lalu jalan ke Tower of Mirage yang ada di tengah gurun.
Dilantai pertama, ambil 800 Gil, Healing Helm, 10010 Gil, 3400 Gil, Vorpal Sword, Aegis Shield, 2750 Gil dan Tent. Naik ke 2F lewat tangga di selatan. Ambil 8135 Gil, Dragon Mail, 10000 Gil, Sunblade, 7600 Gil, Cottage, 13000 Gil, 7900 Gil, Thor's Hammer dan 12350 Gil. Di 3F saat memasuki ruangan, kalian akan dihadang Blue Dragon. Kalahkan lalu gunakan teleporter untuk mencapai Flying Fortress. Di kota terbang ini, ambil 7900 Gil, 9900 Gil, Potion dan 4150 Gil di ruang sebelah kiri. Di ruangan sebelah kanan ambil 5000 Gil, Protect Ring, 7620 Gil, Healing Helm dan 100 Gil. Ambil juga Venom Blade di ruangan bawah, lalu gunakan teleporter di utara. 
Di 2F, ambil Cottage dan Mythril Helm di ruang kiri atas. Di ruang kiri, ambil 880 Gil dan 13000 Gil. Di ruang kiri bawah akan ada key item Adamantite. Ambil Diamond Gloves di ruang kanan atas, Diamond Shield dan Ribbon ada di ruang kanan. Ambil White Robe dan Black Robe di ruang kanan bawah. Lalu gunakan teleporter di selatan untuk pergi ke 3F. Di 3F kalian bisa melihat World Map lewat jendela tengah ruangan. Ambil 4150 Gil, Gold Needle, 3400 Gil dan Sasuke di ruang kiri. Di ruang utara ambil 9000 Gil, Protect Ring, Potion dan 5450 Gil. Di ruang kanan ambil 6400 Gil, Gold Needle, Shirt, 9500 Gil, Protect Cloak dan 8135 Gil. Di selatan hanya ada ruang berisi komputer. Gunakan teleporter di kiri untuk menuju ke 4F.
Diruangan 4F ini bisa membuatmu bingung jika tidak paham cara melaluinya. Cara mudah untuk melaluinya adalah dengan berjalan ke kiri 2 persimpangan, lalu ke atas 2 persimpangan sampai menemukan teleporter, gunakan untuk mencapai 5F.
Dan kalian akan menemui boss Tiamat (HP: 2000, kelenaham Stone). Cobalah menggunakan magic Break/Poison atau gunakan serangan fisik dengan Venom Sword untuk memenangkan pertarungan dengan mudah.

Sekarang keempat kristal telah pulih kembali. Gunakan teleporter untuk meninggalkan tempat ini. Pergi ke Mt.Duerger, bicara dengan Smithy, dia akan menempa logam Adamantite menjadi Excalibur, pedang terkuat kedua di game ini. Persiapkan diri, beli semua magic dan item yang di perlukan, pulihkan HP/MP kalian, kalau perlu naikkan level hingga dirasa cukup karena tujuan selanjutnya adalah Temple of Chaos. Bicara dengan kelima kelelawar, lalu periksa Black Crystal, kalian akan di teleport ke Past Temple of Chaos (Temple of Chaos di masa 2000 tahun silam).
Note: Untuk kembali, gunakan magic Warp. Bawa sebanyak mungkin Potion, tetap perhatikan Mp, karena akan diperlukan untuk melawan boss disini.

Disini, temukan tangga ke 2F di kanan bawah, dan teruskan ke 3F. Masuki sebuah ruangan dengan Stone Plate, lawan monster di sana dan ambil 45000 Gil dan 65000 Gil di peti. Lalu gunakan key item Lute pada Stone Plate. Turun ke 2F lewat jalan yang terbuka, lalu turun lagi ke 1F lewat tangga di kiri atas. Turun lagi ke B1 lewat tangga di pojok kiri. Disini adalah Earth Floor, musuh-musuh di sini serupa dengan di Terra Cavern. Pergi ke tangga di pojok kanan bawah, kalian harus mengalahkan Lich (HP: 1000). Kali ini dia kuat terhadap magic Fire, cast Haste pada petarung fisik dan serang dengan magic Dia/Spell. 
Setelah mengalahkannya turun ke B2 (Fire Floor), musuh-musuh disini mirip dengan di Mt.Gulg. Ambil Protect Ring, Sasuke, Protect Cloak dan 26000 Gil di lantai ini. Sebelum turun ke B3, kalian akan dihadang Marilith (HP: 1400). Sama seperti Lich, dia juga semakin kuat, gunakan Haste pada petarung fisik dan serang dengan serangan fisik. Gunakan magic Invincible atau Shield jika perlu.
Turun ke B3 (Water Floor), musuh di sini mirip dengan di Sunken Shrine. Pergi ke tangga di kanan bawah, kalian akan di hadang Kraken (HP: 1800). Gunakan Steel + Haste pada petarung fisik untuk meningkatkan daya serang. Turun ke 4F (Wind Floor), disini kalian akan dihadang musuh-musuh dari Flying Fortress. Ambil pedang terkuat Masamune di ruangan kanan bawah, equipkan pada Knight atau Ninja. Kembali dan kali ini jalan ke tangga di kanan atas, di tengah perjalanan kalian akan di hadang Tiamat (HP: 2200). Gunakan strategi yang sama seperti sebelumnya.
Lanjutkan perjalanan ke B5, masuki ruangan di tengah. Sebelum itu, pulihkan karakter dan kalian nanti akan bertemu Garland. 
Kebencian telah menguasainya dan kalian harus melawan wujud barunya, Chaos (HP: 4000).

Chaos adalah boss terakhir, dia menguasai banyak magic kuat. Gunakan Haste dan Steel pada petarung fisik, Cast Nullall dan Shield pada karakter lain, equipment kan Masamune pada Knight, terus tingkatkan status dengan Haste + Steel, lalu biarkan dia menyerang dengan serangan fisik. Terus serang hingga ia kalah.
Setelah mengalahkannya, nikmati endingnya. Kalian akan membuka menu baru yaitu Photo Gallery, yang isinya berupa cuplikan image game ini..

 FIN

0 Response to "Walkthrough Final Fantasy I Bahasa Indonesia (PS1, PSP dan GBA)"

Posting Komentar